IUMK Mudahkan Pelaku Usaha Kecil Peroleh Akses Pembiayaan IUMK Mudahkan Pelaku Usaha Kecil Peroleh Akses Pembiayaan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan sosialisasi Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada kepada para Kasi Ekonomi Kecamatan se-Kabupaten Pemalang... IUMK Mudahkan Pelaku Usaha Kecil Peroleh Akses Pembiayaan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan sosialisasi Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada kepada para Kasi Ekonomi Kecamatan se-Kabupaten Pemalang dan Pelaku UMKM di RM Ayam Gepuk, Selasa (18/2).

Kegiatan yang dihadiri narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM serta Kasubid Kopindag-PM Bappeda Pemalang (Bpk.Teguh Adi Nugroho) dan perwakilan dari Perbankan BRI selaku Bank yang ditunjuk untuk memfasilitasi program ini. Kegiatan ini digelar berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Ijin Usaha Mikro dan Kecil.

Kasubid Kopindag-PM Bappeda Pemalang Teguh Adi Nugroho selaku narasumber mengatakan “Pemberian IUMK ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum kepada para pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) agar mendapatkan pembinaan dan pemberdayaan dari pemerintah, termasuk di dalamnya fasilitasi usaha,” ungkapnya.

Menurut Teguh, dalam Perpres Nomor 98/2014 tentang Pelaksanaan IUMK disebutkan bahwa presiden memerintahkan kepada para camat seluruh Indonesia untuk segera menerbitkan IUMK. Dengan demikian diharapkan para camat segera melakukan pendataan, penetapan lokasi dan penerbitan IUMK.

“Dalam IUMK akan mencantumkan nama pengusaha, alamat domisili, jenis produksi dan masa berlaku IUMK. Dengan IUMK, maka para pelaku UMK berhak mendapatkan pembinaan dan pemberdayaan dari pemerintah. Sebab pengajuan kredit dan bantuan didasarkan pada IUMK,” jelasnya.

Turut hadir pula dari FEDEP (Forum for Economic Development and Employment Promotion) yang dalam hal ini adalah forum pengembangan ekonomi memiliki klaster binaan pelaku UMKM,Menurut Elman Prasetyo FEDEP punya peran yang juga harus aktif dalam mensosialisasikan program pemerintah pusat ini, kegitan utama FEDEP yang berhubungan dengan pembinaan UMKM dengan naungan klaster yang ada didalam fedep akan bersinergi dengan aktif membangun komunikasi kepada pelaku UMKM  untuk segera mengakses pembuatan IUMK.

Melalui kegiatan ini  mengharapkan UMKM bisa memperoleh kepastian dalam hal kemudahan akses pembiayaan, sehingga harapan untuk membina UMKM akan menjadi usaha yang madiri bisa terealisasikan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM (el/Fe).

Ijin Usaha Mikro Kecil-fedeppemalang2

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *