Seminar Nasional Desa Inovatif ; Mendorong Percepatan Pembangunan Desa Seminar Nasional Desa Inovatif ; Mendorong Percepatan Pembangunan Desa
FEDEP BAPPEDA – Percepatan pembangunan di Kabupaten Pemalang menjadi target ketercapaian yang akan diprioritaskan, setiap tahunnya menargetkan minimal 2 Desa sebagai Desa Inovatif untuk mendorong... Seminar Nasional Desa Inovatif ; Mendorong Percepatan Pembangunan Desa

FEDEP BAPPEDA – Percepatan pembangunan di Kabupaten Pemalang menjadi target ketercapaian yang akan diprioritaskan, setiap tahunnya menargetkan minimal 2 Desa sebagai Desa Inovatif untuk mendorong percepatan pembangunan di Kawasan yang memiliki potensi unggulan di berbagai bidang. Hal tersebut terungkap dalam Seminar Nasional Pembangunan Desa Inovatif yang digelar di Ballroom Regina Hotel Pemalang, Kamis (26/5/16).

Seminar yang dihadiri oleh seluruh kepala dinas, SKPD, kepala desa dan tamu undangan lainnya, dengan mengundang nara sumber untuk menyampaikan materi dari Deputi IV Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Dirjen Pembangunan Daerah Tertentu Kementerian Desa, Pembangunnan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan RI, Asisten Deputi Oenelitian dan Pengkajian Sumber Daya KUMKM Kementerian Kkopersai UMKM RI, Direktur Perkotaan dan Perdesaan, Deputi Bidang Pengembangan Regional, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Direktur Sumberdaya Hutan Perum Perhutani.

Dalam sambutannya; Menurut Wakil Bupati Pemalang, Martono, sebenarnya ada 34 Desa yang berpotensi menjadi Desa Inovatif. Namun tahap awal baru 10 Desa yang akan dijadikan sebagai Desa Inovatif di Kabupaten Pemalang.

“Di tahun 2016 ini, kita sudah siapkan Desa Mojo, Desa Cikendung, Desa Penggarit dan Desa Peguyangan sebagai Desa inovatif yang masing-masing mempunyai karaktristik potensi unggulan yang berbeda,” ungkap Martono.

Desa Mojo memiliki potensi sebagai sentra budidaya bandeng, kepiting soka dan udang vaname serta dikenal juga sebagai Desa wisata mangroove di Kabupaten Pemalang, Desa Cikendung terkenal memiliki potensi sebagai Desa Wisata yang memilki keindahan alam, serta potensi UMKM seperti olahan nasi jagung instan, dan kesenian budaya silakupang, Desa Penggarit  mempunyai potensi budidaya anggrek, ternak burung hantu, kemudian Desa Peguyangan dengan potensi Sentra Peternakan Kerbau. Ditambahhkan; adanya seminar tersebut diharapkan dapat menyadarkan masyarakat Pemalang akan pentingnya sinergitas antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat dalam pembangunan daerah serta pentingnya membangun desa inovatif sebagai pilar kemajuan daerah.

Selaras dengan kegiatan seminar yang  mempunyai tujuan untuk mendorong desa, agar inovatif memanfaatkan dan mengembangkan potensi Desa menjadi salah satu daya tarik, FEDEP Bappeda Kabupaten Pemalang beserta SKPD lainnya pun ikut memamerkan beberapa produk inovatif dari pelaku UMKM yang produknya sudah menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Pemalang, seperti ; Batik Pewarna alam, sarung goyor, olahan Nanas Madu belik (vitanas dll), ogel-ogel, bandeng montok, telur asin asap, olahan kerupuk singkong dll. (Elman Prasetyo).


Seminar Desa Inovasi - fedep pemalang1 Seminar Desa Inovasi - fedep pemalang2 Seminar Desa Inovasi - fedep pemalang3 Seminar Desa Inovasi - fedep pemalang4

 

 

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *