Batik Arta Kencana Pemalang Batik Arta Kencana Pemalang
Awalnya Batik “Arta Kencana” hanya memproduksi atau tepatnya menjual batik sintetis baik cap maupun tulis. Produksi yang dijual adalah barang jadi siap pakai. Suatu... Batik Arta Kencana Pemalang
Awalnya Batik “Arta Kencana” hanya memproduksi atau tepatnya menjual batik sintetis baik cap maupun tulis. Produksi yang dijual adalah barang jadi siap pakai.
Suatu saat dengan seringnya mengikuti pelatihan, salah satunya pelatihan warna alam, maka sejak tahun 2009 Batik “Arta Kencana” mulai mengembangkan dan memproduksi batik menggunakan pewarna alam. Dengan menggunakan pewarna dari alam didapat kelebihan tersendiri, yaitu warna alam ramah lingkungan dan warna alam mempunyai keunikan dibandingkan batik warna sintetis.
Untuk motif-motif yang dikembangkan oleh Batik “Arta Kencana” tidak hanya batik yang berpakem atau klasik saja, tetapi juga mengembangkan motif modern seperti batik abstrak. Dengan semakin seringnya batik “Arta Kencana” mengikuti pameran-pameran nasional di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, maka desain prodaks batik “Arta Kencana” semakin banyak dikenal.
Salah satu motif yang telah diciptakan dan dikembangkan oleh batik “Arta Kencana” adalah Motif batik gromyang. Motif grombyang ini adalah motif yang dikembangkan dari makanan khas Pemalang yaitu gromyang. Turunan atau variasi motif yang telah diciptakan dari motif grombyang sudah ada 8 motif. Dengan kerendahan hati, kami katakan ini adalah batik yang tercipta dari budaya kekhasan suatu daerah.

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *