FRK FEDEP ; Bentuk Paguyuban Desa Wisata FRK FEDEP ; Bentuk Paguyuban Desa Wisata
Forum Rembug Klaster – FRK  adalah sebuah kegiatan pertemuan berkala Klaster FEDEP yang dimaksudkan untuk membangun komunikasi antar anggota klaster  Fedep, komunikasi di forum... FRK FEDEP ; Bentuk Paguyuban Desa Wisata

Forum Rembug Klaster – FRK  adalah sebuah kegiatan pertemuan berkala Klaster FEDEP yang dimaksudkan untuk membangun komunikasi antar anggota klaster  Fedep, komunikasi di forum ini menghasilkan banyak informasi perkembangan usaha anggota klaster, gagasan gagasan ide kreatif untuk mengembangkan klaster diantaranya Klaster Pariwisata, Klaster Makanan Olahan, Klaster Pertanian Terpadu dan Klaster Konveksi.

Salah satu inisiasi ide gagasan yang muncul dari FRK Fedep adalah ‘Pembentukan Paguyuban Desa Wisata Kabupaten Pemalang’ Klaster Pariwisata fedep. Ide gagasan ini kemudaian ditindaklanjuti Fedep dengan kembali menggelar Forum untuk Pembentukan Paguyuban yang dimaksud, Forum ini dilaksanakan di Desa Wisata Pantai Kaliprau Pemalang belum lama ini, dengan mengundang semua anggota klaster pariwisata terpadu yang terdiri dari Desa Wisata, Pelaku Wisata, Ekonomi Kreatif, Budayawan dan Wartawan, didatangkan pula Narasumber dari Desa Menari Tanon Kab.Semarang ; Kang Tris (Pendiri dan Penggagas Desa Menari Tanon).

Dalam Forum Pembentukan Paguyuban Desa Wisata Kabupaten Pemalang, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ; Bpk.Sapardi , dalam sambutannya beliau menyampaikan ; “bahwa Desa Wisata merupakan sebuah wadah pariwisata yang sangat efektif dalam menumbuhkembangkan Perekonomian di masyarakat Desa, adanya Desa wisata membuat masyarakat menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan potensi lokal lingkungannya, Desa Wisata juga sudah menjadi salah satu Desatinasi wisata unggulan di Kabupaten Pemalang yang sudah sering dipromosikan melalui banyak event baik ditingkat lokal ataupun nasional, Munculnya Pembentukan Paguyuban Desa Wisata Kabupaten Pemalang merupakan sebuah gagasan yang sangat bagus karena nantinya kedepan sinergisitas antar Desa Wisata bisa terbangun, yang nantinya akan berdampak pada nilai kunjungan tamu wisata dan pembuatan even bersama yang berkala dengan materi yang kaya konten tergabung dari semua desa wisata yang ada di Pemalang” .

Kang Tris juga mengajarkan materi kepada anggota klaster yang hadir, seperti ; cara membuat analisis sosial dan materi membuat paket wisata terintegrasi untuk Desa Wisata , sekaligus  Penguatan Kelembagaan Klaster Pariwisata Fedep.

Acara pembentukan Paguyuban Desa Wisata Kabupaten Pemalang ini cukup menarik, karena banyak terjadi interaksi antara Desa Wisata dengan Desa Wisata lainnya yang saling memaparkan potensinya dan program masing-masing. dan diterakhir acara dibentuk Paguyuban Desa Wisata Kabupaten Pemalang oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga, dengan terpilih sebagai Ketua Paguyuban Desa Wisata ; Bpk. Casroni, Spsi (Kades Desa Wisata Kaliprau) dan Sekretaris ; Elman Prasetyo, SPd.

_MG_6476 IMG_6543

IMG_6538 IMG_6645

IMG_6582 IMG_6598

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *