FGD Riset Pengembangan Ekonomi Untuk Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Pemalang FGD Riset Pengembangan Ekonomi Untuk Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Pemalang
Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang di hadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada di dunia ini. Kemiskinan di pengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan... FGD Riset Pengembangan Ekonomi Untuk Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Pemalang

Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang di hadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada di dunia ini. Kemiskinan di pengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Faktor tersebut antara lain tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, akses barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan.
Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka menuju kehidupan yang lebih bermartabat. Oleh karena itu, kemiskinan wajib untuk ditanggulangi, sebab jika tidak tertanggulangi akan dapat mengganggu pembanguan nasional. Dalam konteks ini, beberapa upaya yang tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan menggerakkan sektor real melalui sektor UMKM.
Upaya strategis yang dapat dilakukan dalam rangka pemberdayaan UMKM antara lain, pertama, menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan UMKM meliputi regulasi dan perlindungan usaha. Kedua menciptakan sistem penjaminan bagi usaha mikro. Ketiga menyediakan bantuan teknis berupa pendampingan dan bantuan menejerial. Keempat memperbesar akses perkreditan pada lembaga keuangan. Dengan empat langkah tersebut, maka sektor UMKM akan lebih bergerak yang pada akhirnya akan berakibat pada pengurangan angka kemiskinan.
KOMPAK bekerja sama dengan Bappeda melaksanakan Forum Group Discussion dengan tema “Riset Pengembangan Ekonomi Untuk Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Pemalang” yang berlangsung di Hotel Regina 13 – 15 Agustus 2018 dan dilaksanakan juga kunjungan ke UMKM di lapangan.

IMG_0001 IMG_0002 IMG_0010 IMG_0016 IMG_0018 IMG_0023 IMG_0025 IMG_0029 IMG_0036 IMG_0039 IMG_0041 IMG_0045

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *