Festival Desa Wisata 2019 Etalase Wisata Pemalang Festival Desa Wisata 2019 Etalase Wisata Pemalang
Pemalang, 8 Januari 2018 – Rapat Persiapan Festival Desa Wisata di gelar.   Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas... Festival Desa Wisata 2019 Etalase Wisata Pemalang

Gambar mungkin berisi: 9 orang, termasuk Ramdhan Ariezqi, Elman Prasetyo, Mulasti Ramadhani, Casroni Raska, Dian Febriani Pamungkas, dan Setyo Rini, orang tersenyum, orang berdiri

Pemalang, 8 Januari 2018 – Rapat Persiapan Festival Desa Wisata di gelar.

 

Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa wisata biasanya memiliki kecenderungan kawasan pedesaan yang memiliki kekhasan dan daya tarik sebagai tujuan wisata.
Desa Wisata dibentuk  untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata di wilayah mereka agar dapat berperan sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung, serta memiliki kesadaran akan peluang dan kesiapan menangkap manfaat yang dapat dikembangkan dari kegiatan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat .
Dalam Pertumbuhannya Desa Wisata di Kabupaten Pemalang berkembang cukup baik, sekarang ini ada kurang lebih 15 Desa Wisata yang ada di Pemalang ; 15 Desa Wisata tersebut tumbuh berkembang dengan branding yang berbeda beda, diantaranya ada Desa Wisata Kesenian Budaya, Desa Wisata Alam, dan Desa Wisata Kuliner. Desa Wisata di Pemalang berkreasi berinovasi dalam mengembangkan potensi lokal yang ada, beberapa ada yang sudah setiap bulan sekali melaksanakan kegiatan agenda wisata bulanan di Desa Wisata Penggarit yaitu Wisata Kamis Wage, ada juga yang sudah melaksanakan kegiatan agenda wisata tahunan seperti ; Festival Mangga (Desa Wisata Penggarit), Kirab Ageng Selo Kamulyan (Ki Ageng Seka – Kecamatan Watukumpul), Grebeg Nyadran (Desa Sikasur), Festival Wong Gunung (Kec.Pulosari), Festival Nanas Madu (Kec.Belik), Festival Bakar Bandeng (Desa Wisata Kaliprau), Festival Kali Comal (Kecamatan Comal), Festival Pesisir Sugihwaras (Kelurahan Sugihwaras), dan Festival Sarung Goyor (Desa Wanarejan Utara).
Keberagaman agenda wisata tersebut perlu dipromosikan secara rutin, aktif bertahap agar masyarakat luar bisa tau akan informasi kalender wisata yang ada di Kabupaten Pemalang, sehingga bertambah tingkat nilai kunjungan wisatawan yang berwisata di Pemalang.
Salah satu bentuk inovasi dari Disparpora Kabupaten Pemalang dengan Klaster Pariwisata adalah bagaimana mensinergikan berbagai potensi yang ada di Desa Wisata – Desa Wisata tersebut untuk dipromosikan bersama dalam satu event besar yaitu “FESTIVAL DESA WISATA” – Festival ini merupakan satu kegiatan yang akan menampilkan potensi semua desa wisata disuguhkan dalam kegiatan Expo , parade kesenian, seresehan Desa Wisata se Kab.Pemalang, kuliner, dan lain-lain.
Festival Desa Wisata akan menjadi Etalase Pemalang, menjadi salah satu konten kegiatan yang juga akan memeriahkan Gelaran HUT Kabupaten Pemalang yang ke 444, kegiatan Festival ini akan dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Januari 2019 di Sirkuit Pantai Widuri Pemalang.
Sumber : BadanPromosiPariwisataDaerah_BP2D Kab.Pemalang

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *