Tingkatkan Nilai Jual Melati, UMKM Desa Kaliprau Munculkan Produk Inovasi Dari Melati Tingkatkan Nilai Jual Melati, UMKM Desa Kaliprau Munculkan Produk Inovasi Dari Melati
Desa Kaliprau merupakan salah satu Desa wisata di Kabupaten Pemalang. Adapun wisata yang dikembangkan adalah wisata yang berbasis alam (pertanian bunga melati, pantai, mangrove... Tingkatkan Nilai Jual Melati, UMKM Desa Kaliprau Munculkan Produk Inovasi Dari Melati

Produk Kaliprau 9

Desa Kaliprau merupakan salah satu Desa wisata di Kabupaten Pemalang. Adapun wisata yang dikembangkan adalah wisata yang berbasis alam (pertanian bunga melati, pantai, mangrove (bakau dan cemara laut), tambak dan persawahan), edukasi dan keluarga.

Pola Pengembangan Ekonomi Lokal di Desa ini melalui pariwisata telah banyak memunculkan berbagai inovasi produk olahan hasil bumi Desa Kaliprau ; salah satunya olahan dari potensi perkebunan melati, hal itu untuk mendukung Branding yang digaungkan Desa Wisata Kaliprau adalah Jasmine Vilage atau Desa Melati, hal ini karena potensi perkebunan Bunga Melati yang ada di Desa ini cukup banyak, bahkan sampai di ekspor ke luar negeri.

Melalui Pembinaan yang berkelanjutan oleh Desa dengan didukung berbagai element Dinas terkait, Fedep dan Kompak ; inovasi inovasi pengembangan produk terus di gali dengan memanfaatkan hasil bumi Desa Kaliprau yaitu bunga melati, diantaranya produk produk yang inovasi  bunga melati yang dihasilkan adalah ‘Sabun Melati, Teh Melati dan Parfum Melati.

Produk Kaliprau 5

Di Desa Wisata Kaliprau ada 2 (dua) Kelompok Petani Bunga Melati yang mengolah turunan hasil pertanian tersebut :

  1. Kelompok Arum Sekar Melati – Agro Industri
  2. Kelompok Tani Rama ,

Dengan Luas lahan pertanian melati  (+-) 80 hektar ; tersebar di Sepanjang Garis Pantai Kaliprau.

Produk Kaliprau 10

 

Ditemui di tempat terpisah melalui sambungan Telfon  Ketua Kelompok Tani Arum Sekar Melati – Agro Industri mengatakan ;

‘Inovasi turunan Produk Bunga Melati ini membantu meningkatkan pendapatan Petani , selain meningkatkan pendapatan juga adanya bimbingan teknis pengetahuan wawasan berkelanjutan terhadap sistem tanam melati, pengolahan, dan pemasaran,  juga ada harapan besar agar petani lokal melati ini bisa menjadi aktor utama dalam Ekspor pemasaran Melati ke luar negeri, mengingat potensi permintaan produk melati di luar negeri cukup besar, kedepan juga akan di kembangkan TTG (Teknologi Tepat Guna) untuk mesin pengolahan melati. Imbuh “Casroni, S.Psi selaku Ketua Kelompok Tani Arum Sekar Melati – Agro Industri.

Produk Kaliprau 3 Produk Kaliprau 2

Produk Kaliprau 11

 

 

#DesaWisataKaliprau,#KlasterPertanianFEDEP, #ProdukInovasiOlahanMelati.

 

Sumber : Casroni, S.Psi (Ketua Kelompok Tani Melati)

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *