FEDEP – Mapping Potensi Wisata di Desa Wisata Sikasur ; Munculkan Daya Tarik Wisata Baru FEDEP – Mapping Potensi Wisata di Desa Wisata Sikasur ; Munculkan Daya Tarik Wisata Baru
Kabupaten Pemalang menjadi salah satu daerah yang juga terus optimis dalam mengembangkan sektor Pariwisata ini, Potensi Pariwisata Pemalang dari sisi utara yaitu Laut (Pantai),... FEDEP – Mapping Potensi Wisata di Desa Wisata Sikasur ; Munculkan Daya Tarik Wisata Baru

12

Kabupaten Pemalang menjadi salah satu daerah yang juga terus optimis dalam mengembangkan sektor Pariwisata ini, Potensi Pariwisata Pemalang dari sisi utara yaitu Laut (Pantai), Kemudian ada produk kerajinan lokal yang mendunia seperti sarung goyor, produk makanan olahan, dan di daerah selatan juga kita bisa jumpai berbagai sektor pariwisata yang sudah muncul dan tumbuh, pengunungan dan perbukitan yang masih asri menjadi obyek utama yang sekarang sudah banyak di inovasi menjadi obyek obyek unggulan yang kekinian dengan spot spot selvi, fasilitas penunjang penginapan, dll.

Potensi Pariwisata di Pemalang didukung dengan dukungan masyarakat lokal langsung yang sekarang ini banyak muncul dan tumbuh Desa Wisata – Desa Wisata. Desa Wisata yang banyak dikelola tidak hanya memanfaatkan potensi alam, namun juga potensi kearifan lokal yang sekarang ini banyak kita jumpai berbagai pilihan paket wisata di Desa Wisata.

10

Desa Sikasur merupakan salah satu Desa di Kec. Randudongkal , Kawasan Desa Wisata berbasis potensi pertanian, Keindahan alam, Wisata Air dan Kesenian Budaya. Keindahan alam Desa Wisata Sikasur memiliki sebuah Air Terjun yang dikenal dengan curug bengkawah , Telaga Silating, dan Potensi Wisata Air Rafting, yang merupakan salah satu wisata yang baru dikembangkan bersama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah, belum lama ini.

Kegiatan Mapping Potensi Wisata di Desa Wisata Sikasur dilakukan mengingat Geliat Wisata Desa yang tumbuh didesa ini harus diimbangi dengan inovasi, sehingg aktifitas wisata yang muncul tidak terkesan monoton, ada pembaharuan Pembaharuan disetiap aktifitas wisatanya.

Mapping dilakukan dengan tinjauan lapangan langsung melihat potensi nya secara keseluruhan, seperti salah satunya yang kita tinjau langsung adalah potensi Kedung Tapak Bima ‘semacam danau alam yang terbentuk secara alami dengan luasan yang cukup luas, sangat layak apabila dikembangkan wisata air, wisata mina (perikanan) yang berbasis Edukasi. Kemudian kami juga membuka jalur wisata air, memanfaatkan aliran sungai Curug Bengkawah, jalur wisata air ini kami manfaatkan sebagai salah satu sarana wisata air yaitu RCB (Rafting Curug Bengkawah) yang belum lama ini kami launching.

Potensi Wisata Budaya juga tak lupa kami garap ; salah satunya kami mencoba memunculkan dan menciptakan beberapa kesenian lokal yang ada, dalam memunculkan kami mengemas kesenian kuda kepang, calung bocah menjadi paket kegiatan Wisata Budaya. Dalam memunculkan kami mengemas kearifan lokal yaitu permainan Bambu Gila yang dahulu diadakan ketika masa panen raya padi, dan sekarang ini kami munculkan menjadi salah satu daya tarik wisata baru bertema budaya dan kesenian di Desa Wisata Sikasur .

Untuk mendukung semua kegiatan mapping ini, kami juga telah rumuskan kegiatan Event Pariwisata Desa bertema Budaya

.

11

 

Editor : IG / Elman Prasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *