Festival Bumi Jojogan Watukumpul – Munculkan Geliat Wisata Budaya Lokal Festival Bumi Jojogan Watukumpul – Munculkan Geliat Wisata Budaya Lokal
Desa Jojogan sebuah Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Watukumpul. Desa dengan letak wilayah daerah perbukitan dengan potensi unggulannya adalah hasil pertanian. Mayoritas masyarakat... Festival Bumi Jojogan Watukumpul – Munculkan Geliat Wisata Budaya Lokal

19

Desa Jojogan sebuah Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Watukumpul. Desa dengan letak wilayah daerah perbukitan dengan potensi unggulannya adalah hasil pertanian. Mayoritas masyarakat Desa Jojogan berprofesi sebagai Petani, namun Desa Jojogan menyimpan sebuah potensi alam yang sangat indah, seperti perbukitan, didukung juga dengan potensi Kesenian lokal seperti Kuda lumping, sintren, janturan, dll, selain itu Desa Jojogan memiliki sejarah kemudian budaya masyarakat lokal yang sekarang ini sedang berusaha dikemas oleh pihak Pemerintah Desa menjadi Daya Tarik Potensi Wisata Kesenian Budaya.

Festival Bumi Jojogan ; sebuah kemasan kegiatan Budaya yang dikemas dengan berbagai pertunjukan kesenian lokal masyarakat jojogan, kemudian adanya prosesi adat seperti pemotongan wedus kendit. Keseluruhan tersebut dikemas dalam gempita Festival Bumi Jojogan yang puncak acaranya adalah Festival 1000 Lampion.

Festival Bumi Jojogan menjadi embrio bagi Kecamatan Watukumpul, tentang inovasi Desa dalam kemasan Budaya. Kemudian memotivasi masyarakat lokal Desa Jojogan untuk sadar akan potensi, sadar akan kelestarian budaya dan kesenian lokal.

16

Dalam Pelaksanaan nya dilaksanakan selama 1 Minggu ; dengan berbagai kemasan prosesi adat yang dilaksanakan dengan khidmat. Para tetuah adat berkumpul , tokoh agama , tokoh masyarakat, kemudian masyarakat lokal dalam kemeriahan perebutan Gunungan Hasil Bumi Desa Jojogan.

Agendan Wisata Budaya ini, menjadi sebuah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan secara rutin di setiap tahunnya.

17

 

18

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *