Monitoring Evaluasi (MONEV) Dorong Inovasi di Klaster Binaan Monitoring Evaluasi (MONEV) Dorong Inovasi di Klaster Binaan
Fedep Kabupaten Pemalang ; terbagi dalam 4 Klaster yaitu – Klaster Pariwisata Terpadu, Klaster Pertanian Terpadu, Klaster Makanan Olahan, dan Klaster Konveksi, pembagian 4... Monitoring Evaluasi (MONEV) Dorong Inovasi di Klaster Binaan

Gambar mungkin berisi: 9 orang, termasuk Elman Prasetyo, orang tersenyum, orang berdiri, luar ruangan dan alam

Fedep Kabupaten Pemalang ; terbagi dalam 4 Klaster yaitu – Klaster Pariwisata Terpadu, Klaster Pertanian Terpadu, Klaster Makanan Olahan, dan Klaster Konveksi, pembagian 4 klaster tersebut merupakan bagian strategi Fedep dalam pola pengembangan potensi lokal kabupaten Pemalang melalui pendekatan Klaster, yang kemudian direalisasikan dalam berbagai kegiatan sesuai urusan klaster, ditindaklanjuti lagi kegiatan monitoring evaluasi (monev) . Monitoring Evaluasi merupakan kegiatan yang akan mengecek sekaligus mengevaluasi berbagai program kegiatan yang sudah dilaksanakan, sekaligus bagaimana perkembangan perkembangan tempat obyek klaster ; khusus di pariwisata baik dari nilai kunjungan wisatawan, pendapatan pengelola klaster, perkembangan jumlah pengelola klaster, paket wisata, dan inovasi pengembangan pengelolaan obyek wisata – klaster pariwisata.

Dilaksanakan di dua tempat obyek pariwisata klaster pariwisata yaitu ; Curug SiBedil – Kecamatan Moga dan Taman Wisata Panjat Tebing Verata – Gunung Jimat Mendelem Kecamatan Belik, Pertama di Taman Wisata Panjat Tebing kami melakukan kegiatan monitoring dari berbagai aktifitas wisata yang ditawarkan ditempat tersebut ; salah satu aktifitas wisata yang diunggulkan adalah wisata panjat tebing yang merupakan salah satu aktifitas wisata yang hanya ada 3 di indonesia ; Jawa Barat, Sumatera, dan Jawa Tengah (yaitu ada di Pemalang). Panjat Tebing masuk dalam salah satu paket wisata unggulan yang ditawarkan. Dari kegiatan aktifitas wisata yang ditawarkan tersebut ; banyak mendatangkan wisatawan baik wisatawan umum yang adatang dari berbagai kota di Indonesia dan Wisatawan lokal terutama siswa – siswi sekolah diberbagai tingkatan sekolah.

Kegiatan kedua ; dilaksanakan di Obyek Wisata Curug SiBedil – Kecamatan Moga ; terletak di Desa Sima obyek wisata si Bedil menawarkan obyek wisata alam berupa air terjun, obyek wisata ini hampir setiap hari ramai dikunjungi wisatawan terutama dihari libur, wisatawan yang datang banyak baik wisatawan lokal ataupun wisatawan dari luar kabupaten pemalang. Pesona jurug si Bedil sudah cukup dikenal diberbagai daerah keindahannya yang masih asri dengan kerjenihan airnya serta keramahan masyarakat lokal dalam menyambut wisatawan yang datang menjadi satu kenangan yang membekas untuk wisatawan yang sudah pernah berkunjung kesini.

Perkembangan ke dua obyek wisata tersebut terhitung mengalami peningkatan baik di insfrastruktur pendukung, tingkat kunjungan wisatawan , jumlah pengawai, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Inovasi yang perlu dimunculkan adalah bangaimana mengadakan sebuah agenda wisata akbar yang memunculkan keseluruhan potensi yang ada di desa tersebut untuk dipentaskan adalam event baik berskala lokal ataupun nasional, event tersebut harus dilakukan secara berkala (bertahap) sehingga akan ada greget tahunan untuk wisatawan yang akan datang dilokasi wisata ini.

Rencana Tindak Lanjut :

  • Melakukan upaya penguatan kemampuan Penggiat Wisata dan Pelaku Wisata Lokal khususnya Pokdarwis dan peran usaha kreatif muda untuk bisa berperan aktif dalam pengembangan ekonomi nlokal berbasis potensi Desa melalui aktifitas Wisata.
  • Menyusun Kegiatan Pemberdayaan yang berkala untuk mendorong inovasi – inovasi tersebut muncul di Desa Wisata.
  • Melakukan pemetaan Potensi wisata lokal, untuk menyegarkan kembali sinergitas paket wisata antar Desa Wisata

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, berdiri, gunung, luar ruangan dan alam

 

 

 

 

 

 

Sumber : Elman Prasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *