Promosikan Produk Klaster Ekonomi Lokal Melalui Pameran Pekan Batik Nasional Promosikan Produk Klaster Ekonomi Lokal Melalui Pameran Pekan Batik Nasional
Klaster PEL merupakan salah satu konsep Pengembangan Ekonomi Lokal yang sudah banyak diterapkan di Kab/Kota di Jawa Tengah, salah satunya Pemalang, Klaster PEL dinilai sangat... Promosikan Produk Klaster Ekonomi Lokal Melalui Pameran Pekan Batik Nasional

5

Klaster PEL merupakan salah satu konsep Pengembangan Ekonomi Lokal yang sudah banyak diterapkan di Kab/Kota di Jawa Tengah, salah satunya Pemalang, Klaster PEL dinilai sangat efektif untuk menggerakan perekonomian masyarakat Desa dengan memanfaatkan potensi desa nya, Kegiatan Klsaterisasi yang berkembang memetakan berbagai potensi kemudian dalam pembinaan berkelanjutan dalam naungan FEDEP.

Dalam Klasterisasi FEDEP terbagi menjadi 4 Klaster sesuai dengan potensi unggulan yang ada di Kabupaten Pemalang, 4 Klaster tersebut adalah ; Klaster Pertanian Terpadu, Klaster Pariwisata Terpadu, Klaster Makanan Olahan, dan Klaster Konveksi. Klaster Klaster tersebut yang terbentuk merupakan sebuah rumusan yang sudah mengerucut pada potensi unggulan Pemalang secara macro, kemudian secara berkelanjutan pembinaan dilakukan dengan pola Forum Rembug Klaster (FRK) yang dari FRK tersebut banyak menghasilkan rumusan usulan kebutuhan klaster binaan untuk mendorong kebijakan Pemda agar sesuai kebutuhan dengan harapan pelaku PEL .

Promosi menjadi ujung tombak penting dalam Pengembangan PEL Klaster tersebut ; Karena Promosi mendorong bagaimana produk produk unggulan Pemalang ini memiliki segmen pasar yang terarah,terukur, kemudian juga continue. Salah satu kegiatan Promosi yang sering dilakukan adalah Pameran Produk unggulan yang biasa diikuti oleh Kabupaten Pemalang melalui FEDEP, baik Pameran dalam daerah ataupun luar daerah.

Promosi Pameran Produk Unggulan Klaster tahun ini salah satunya ikut dalam Pekan Batik Nasional Expo yang dilaksanakan di Kota Pekalongan (Gor Jetayu). Acara Expo Pekan Batik ini merupakan ajang promosi yang sering diikuti oleh Fedep. Di Tahun ini Fedep mengangkat produk Konveksi, Batik, kemudian juga produk pertanian serta Pariwisata. Masing – masing produk klaster tersebut dipamerkan ,juga di perjual belikan.

Produk Konveksi / Batik diantaranya : Kain Batik Produk Arta Kencana, Kain Batik Produk Sekar Manggar, dan Kain Batik Produk Kebo ijo, untuk Produk Konveksi ; Sarung Goyor dan Kemeja batik tulis khas Pemalang, sedangkan Produk Pertanian ; mangga istana , dan Produk Pariwisata berupa Paket Wisata terpadu yang disuguhkan dalam bentuk brosur Pariwisata.

Acara Expo berlangsung selama 5 hari, diikuti 68 Stan diisi produk produk unggulan Kab/Kota di Jawa Tengah, bahkan ada dari Kab/Kota diluar Jawa, seperti Kutai. Dalam pelaksanaan nya untuk kegiatan transaksi tidak banyak yang terjual, total terhitung penjualan produk Rp.5.200.000 ,- merupakan gabungan dari terjualnya produk pertanian dan Batik. Sedangkan untuk Produk Pariwisata lebih banyak bagaimana kami membagikan Brosur Paket Pariwisata terpadu di Kabupaten Pemalang, adapun dampaknya tidak dirasa langsung namun biasa secara kelanjutan akan ada output wisatawan yang berwisata ke Pemalang dari brosur tersebut.

Stan Kabupaten Pemalang, mendapat kunjungan dari Wakil Walikota Kota Pekalongan, yang meninjau langsung beserta rombongan, adapun hasil dari kunjungan ke Stan adalah ingin tau lebih banyak tentang produk sarung goyor tenun. Karena di Kota Pekalongan sendiri ada produk Sarung Goyor, namun yang membedakan di Pemalang menggunakan ATBM (Alat tenun Bukan Mesin), sedangkan di Kota Pekalongan menggunakan Mesin skala besar dalam proses pengerjaan nya, terakhir nya beliau membeli produk sarung goyor ATBM Pemalang sebanyak 2 buah Kain Goyor, merk Botol.

4

Selain Kunjungan dari Wakil Walikota Pekalongan, Stan Pemalang juga mendapat kunjungan dari WNA Malaysia berprofesi sebagai agent Model. Kedatangan beliau merupakan sebuah rutinitas diacara Pekan Batik Nasional ini, salah satu tujuannya adalah mencari bahan motif batik lokal yang biasa digunakan acara fashion baik ditingkat lokal, nasinal bahkan internasional. Melihat produk batik Pemalang dengan motif motif khas nya Pemalang layak produknya untuk berdaya saing unggul dengan produk batik lainnya dari Pengalaman beliau dalam mengenali jenis jenis motif batik di nusantara. Kemudian tertarik juga dengan produk Sarung Goyor ATBM milik Pemalang, terlebih dalam prosesnya yang menggunakan banyak tenaga trampil masyarakat lokal Pemalang.

Ada tindak lanjut bagaimana kami bertukar nomot telephon agar ada komunikasi tentunya fokus bagaimana Produk Unggulan Kabupaten Pemalang bisa mendunia, juga masuk pada segmen pasar Asia.

Dalam Acara Expo Pekan Batin Nasional ini, ada beberapa catatan bagimana Pelaku Pengrajin Produk Unggulan Pemalang memiliki strategi market terutama harga khusus dalam expo, kemudian juga orientasi yang diorientasikan tidak hanya penjualan, namun output promosi, bagaimana kita mengenalkan produk produk tersebut dalam tampilan expo stan ini, Selanjutnya lebih pada tindakan monitoring produk klaster agar inovasi berkelanjutan terus dikembangkan.

2

Editor : Elman Prasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *