Pendampingan Inisiasi Wisata Desa Plakaran Melalui Klaster PEL Bappeda Pendampingan Inisiasi Wisata Desa Plakaran Melalui Klaster PEL Bappeda
PEL BAPPEDA ; Kabupaten Pemalang memiliki berbagai potensi yang diunggulkan dari luas wilayahnya, seperti laut dan pegunungan, berbagai potensi potensi tersebut telah banyak yang... Pendampingan Inisiasi Wisata Desa Plakaran Melalui Klaster PEL Bappeda

web7

PEL BAPPEDA ; Kabupaten Pemalang memiliki berbagai potensi yang diunggulkan dari luas wilayahnya, seperti laut dan pegunungan, berbagai potensi potensi tersebut telah banyak yang sudah digarap baik untuk kegitan industri, pengolahan, dan kepariwisataan. Disektor pariwisata daerah pantai dan daerah Pegunungan menjadi salah satu objek pilihan yang diunggulkan seperti pesisir pantai widuri, nyamplungsari, mojo, dan kaliprau, sedangkan untuk daerah Pegunungan seperti curug bengkawah, curug sibedil, pemandian moga, pemalang views, bukit isawa watukumpul, gunung tenong, perkebunan teh, pacuan kuda, rest area balegandrung, dll.

Di Kegiatan Monev kali ini, kami berkunjung ke Desa Plakaran – Kecamatan Moga, meliliki destinasi unggulan berbasis pemandangan alam yang masih asri dengan udara yang masih sejuk dan lokai View melihat Pemalang secara luas dari atas puncak yang sangat indah, diatas ketinggian 1100 Mdpl .

Perkembangan di Wisata Desa Plakaran ini, berkembang sangat bagus, terutama bagaimana sinergisitas yang dibangun antara Pemerintah Desa dengan masyarakatnya yang telah memahamkan makna Sapta Pesona Wisata dan mengimplementasikannya, kemudian juga pokdarwis.

web5

Bukit Tenong sebagai Brand Wisata Bukit yang ada di Desa Plakaran ini dikelola oleh Pokdarwis yang bekerjasama dengan BUMDes Desa Plakaran, wanawisata ini menjadi salah satu program perencanaan di Desa untuk dijadikan salah satu wisata unggulan di Kecamatan Moga, kemudian ada target menghidupkan perekonomian lokal desa.

Wanawisata Gunung Tenong Desa Plakaran mengemas konsep culture sebagai salah satu daya tarik pendukung selain wisata alam, kemudian juga religi, dan perencanaan camp Family yang akan dibangun dalam waktu dekat. Culture sendiri akan diagendakan event event budaya secara rutin dengan mengangkat potensi budaya lokal sebagai daya tarik suguhannya.

Kegiatan Monev tersebut menjadi bahan laporan terhadap perkembangan yang sedang berjalan saat ini di Wisata Desa Plakaran, dalam perkembangannya direncanakan akan ada kegiatan pelatihan kepariwisataan Desa Wisata kepada masyarakat agar masyarakat mendukung Wisata Desa ini tumbuh. Yang sedang dirumuskan selain konsep konsep diatas, Desa Plakaran juga sedang menyiapkan Home Stay yang melibatkan peran masyarakat dalam memanfaatkan rumah rumah penduduk yang bisa diajak kerjasama untuk penginapan, karena kedepan yang dibangun tidak hanya one day tour..

Melihat hal tersebut FEDEP selaku Forum yang menaungi Klaster Pariwisata Kabupaten Pemalang akan terus membangun komunikasi dengan desa desa wisata yang ada di Kabupaten Pemalang untuk memonitoring evaluasi kegiatan yang sudah berjalan, sekaligus melaporkan pada dinas teknis agar kedepan partisipasi Dinas teknis dalam kegiatan seperti ini bisa sumbangsih penuh, Serta promosi kegiatan kunjungan wisata tersebut baik melalui online maupun offline.

web6

 

Editor : Elman Prasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *