Pelatihan Wirausahawan Pemula ; Klaster PEL Kab.Pemalang Pelatihan Wirausahawan Pemula ; Klaster PEL Kab.Pemalang
Kabupaten Pemalang memiliki berbagai potensi yang diunggulkan dari luas wilayahnya, seperti laut dan pegunungan, berbagai potensi potensi tersebut telah banyak yang sudah digarap baik... Pelatihan Wirausahawan Pemula ; Klaster PEL Kab.Pemalang

pel 3

Kabupaten Pemalang memiliki berbagai potensi yang diunggulkan dari luas wilayahnya, seperti laut dan pegunungan, berbagai potensi potensi tersebut telah banyak yang sudah digarap baik untuk kegitan industri, pengolahan, dan kepariwisataan. Disektor Produk unggulan seperti Ekraf, makanan olahan, kemudian juga peternakan, terus tumbuh wirausawan wirausahan baru yang menggali di sektor tersebut, disamping punya pasar yang menjanjikan di sektor tersebut juga mudah untuk digeluti ; ketersedian bahan baku, tenaga, juga modal yang tidak terlalu besar.

Melihat Geliat tumbuhnya PEL disektor sektor tersebut ; upaya upaya terus dilakukan untuk bagaimana bisa mensuport dalam perihal pembinaan dan pendampingan nya, yang diwujudkan dalam Pelatihan Wirausawan Pemula yang diikuti 8 Kelompok Wirausawan Muda di Kecamatan Belik.

Kelompok Wirausawan Pemula tersebut terbagi dalam berbagai sektor usaha, diantaranya sektor peternakan, sektor makanan olahan, sektor ekraf, dan sektor pertanian. Sektor sektor tersebut dianggap paling potensial apabila dikembangkan, mempunyai segmen pasar yang jelas, kemudian juga merupakan potensi lokal Kabupaten Pemalang yang bisa kita jumpai.

pel 2

Dalam Pelatihan tersebut beberapa materi yang kami pahamkan adalah terkait bagaimana segmentasi pasar itu dibentuk, inovasi, kreatifitas dalam mengemas sebuah produk juga tak kalah penting, kemudian branding untuk merk yang nantinya menjadi kekuatan pengingat terhadap produk yang akan dimunculkan.

Pembinaan lanjutan yang akan dilakukan melalui Forum Rembug Klaster (FRK), adalah juga menjadi kegiatan lanjutan bagaimana perkembangan kelompok PEL ini akan berjalan. FRK yang akan dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali.

pel 1

Konsep Klaster dalam klasifikasi PEL, memetakan jenis kegiatan usaha yang digeluti, kemudian juga memudahkan strategi dalam pengembangan nya. Klaster menjadi wadah komunitas antar pelaku PEL , wadah komunikasi sinergi dan membangun pasar secara bersama.

Kemudian Kegiatan memonitoring evaluasi terhadap kegiatan usaha yang akan berjalan, sekaligus melaporkan pada dinas teknis agar kedepan partisipasi Dinas teknis dalam kegiatan seperti ini, bisa sumbangsih penuh dalam support.

 

editor : Elman Prasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *