BLUSUKAN !! Klaster PEL Bappeda ; Dorong Pengembangan Potensi Desa di Desa Ketapang BLUSUKAN !! Klaster PEL Bappeda ; Dorong Pengembangan Potensi Desa di Desa Ketapang
Desa Ketapang Kecamatan Ulujami Kab.Pemalang ; merupakan Desa yang terletak diwilayah pesisir Kab.Pemalang ; potensi alam yang ada di Desa ini adalah wilayah laut... BLUSUKAN !! Klaster PEL Bappeda ; Dorong Pengembangan Potensi Desa di Desa Ketapang

Ketapang

Desa Ketapang Kecamatan Ulujami Kab.Pemalang ; merupakan Desa yang terletak diwilayah pesisir Kab.Pemalang ; potensi alam yang ada di Desa ini adalah wilayah laut yang sebagian besar mata pencarian masyarakatnya adalah nelayan dan petani tambak. Ada beberapa produk UMKM yang ada di Desa ini salah satu unggulannya adalah berbagai jenis olahan bandeng seperti olahan kerupuk , olahan bandeng asap, dan kuliner bandeng bakar.

Berdasarkan data yang dilapangan potensi terbesar di Desa Ketapang adalah potensi Bandeng ; yang menurut informasi yang kami peroleh , Bandeng asli dari Ketapang dijadikan bahan utama dari produk Bandeng Presto yang dikenal di semarang yaitu bandeng juwana (ternyata bahan bakunya mengambil hasil bandeng dari Desa Ketapang). Artinya bandeng Desa Ketapang punya kualitas sangat baik.

Kemudian juga potensi wisata yang bisa dikembangkan di Desa ini ; yaitu Potensi Susur Kali Mangrove. Keindahan Kali yang ada di Desa Ketapang sangat indah pemandangannya , kemudian juga yang menjadi daya tarik unggulan adalah potensui mangrove yang tumbuh subur disepanjang aliran sungai, sehingga menjadi pemandangan alam untuk wisatawan yang nantinya menikmati wisata susur kali ini. Panjang sungai yang rencana akan dijadikan wisata ini sepanjang 3 KM , denga lebar sungai 7 – 10 M, dan kedalaman sungai 1 – 2 M, untuk arus sangat mendukung untuk wisata karena arusnya sangat tenang, sehingga cocok untuk kemasan wisata susur sungai.

ketapang 5

Adanya beberapa potensi unggulan yang ada di Desa Ketapang, mendorong Pemerintah Desa untuk melakukan rencana aksi dengan rencana awal yaitu analisis potensi, kemudian pembentuk Kelompok Sadar Wisata , yang didalamya ada Pokja Pokja, diwakili oleh beberapa penggiat wisata desa, tokoh masyarakat, dan nelayan.

Selanjutnya akan direncanakan sosialisasi di masyarakat terkait upaya yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa, sosialisasi agar rencana Pengembangan Potensi Desa ini mendapat dukungan dari masyarakat.

Pendataan selanjutnya terkait kegiatan Budaya yang nantinya akan dikemas menjadi upaya branding Desa, terhadapa Potensi yang akan diangkat atau dipromosikan.

ketapang 4

ketapang 3

Rencana Tindak Lanjut :

  1. Mempersiapkan kegiatan lanjutan berupa Pembentukan Kelompok Sadar Wisata dengan Pokja Pendukungnya.
  2. Merencanakan Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok yang dibentuk, sekaligus Pengenalan konsep Pengembangan Wisata Desa.
  3. Mengakomodir berbagai usulan masukan dari masyarakat terkait rencana Pengembangan sektor potensi Desa.

Red : elmanprasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *