KLASTER PEL  ; Lakukan Upaya Pendampingan Inovasi Desa di Sektor Wisata, Desa Simpur Kec. Belik KLASTER PEL  ; Lakukan Upaya Pendampingan Inovasi Desa di Sektor Wisata, Desa Simpur Kec. Belik
Desa Simpur, Kecamatan Belik Kab.Pemalang ; merupakan Desa yang terletak diwilayah selatan Kab.Pemalang ; potensi alam yang ada di Desa ini adalah potensi keindahan... KLASTER PEL  ; Lakukan Upaya Pendampingan Inovasi Desa di Sektor Wisata, Desa Simpur Kec. Belik

curug barong 5

Desa Simpur, Kecamatan Belik Kab.Pemalang ; merupakan Desa yang terletak diwilayah selatan Kab.Pemalang ; potensi alam yang ada di Desa ini adalah potensi keindahan curug (air terjun) yang mempunyai curug barong, disamping potensi keindahan curug ,juga ada potensi lainnya seperti religi, budaya, dan beberapa situs serta mata air yang punya nilai mitologi cukup kuat. Desa Simpur keindahan alam dan potensi nya sangat mendukung untuk dikembangkan menjadi Desa yang punya daya tarik wisata.

curug barong 1

Berdasarkan diskusi kami dengan penggiat wisata di Desa tersebut ; Pesona Curug Barong sudah banyak mendatangkan wisatawan dari luar daerah seperti ; cirebon, brebes, tegal, bahkan sampai daerah semarang, setelah kami gali lebih dalam bagaimana wisatwan tersebut mendapat informasi wisata curug barong ‘ternyata didapatnya dari informasi youtube.

Keindahan Curug Barong bisa menghipnotis takjubnya wisata yang datang, karena ada dua tebing besar yang dibelah oleh aliran air, dan dibawah air terjun banyak bebatuan bebatuan alam dengan ukurang yang sangat besar, yang itu sering menjadi spot foto bagi wisatawan, kemudian dialiran sungai curug ini juga menjadi tempat favorit penghobi mancing karena sungai nya merupakan habitat ikan tambra (ikan dewa), yang harga nya sangat mahal, sehingga tak heran apabila ke curug baraong akan berjumpa pemancing pemancing ditepian aliran curug barong.

curug barong 4 curug 4

Permasalahannya bagus nya potensi yang ada di Desa Simpur tersebut, belum diimbangi dengan kelompok pengela yang baik, dan juga tata kelola manajemennya, sehingga adanya wisatawan yang masuk belum memberikan efek nilai ekonomi di masyarakat, karena wisatwan belum dikelola dengan baik. Pemerintah Desa mulai serius menggali Potensi SDM yang ada di Desa, guna membentuk sebuah kelompok pengelola yang profesional. SDM tersebut juga nantinya akan dikuatkan/dilatih pengetahuannya agar mumpuni dalam mengelola potensi potensi yang ada di Desa Simpur.Dan yang menjadi progres awal Desa simpur adalah penggalian potensi lainnya untuk penguat daya tarik yang sudah muncul, serta mensosialisasikan kemasyarakat terkait upaya Pemerintah Desa dalam perencanaannya akan membangun potensi di Desa menjadi daya tarik wisata.

curug barong 3

Selanjutnya ; Akan membentuk Forum Rembug Klaster di tingkat Desa yang fokusnya bagaimana masyarakat (kelompok) akan diajarkan menemukenali potensi.

Rencana Tindak Lanjut :

  1. Mempersiapkan kegiatan lanjutan berupa Pembentukan Kelompok yang akan ditunjuk sebagai Pengelola dengan Pokja Pendukungnya.
  2. Merencanakan Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kelompok yang dibentuk, sekaligus Pengenalan konsep Pengembangan Wisata Desa.
  3. Mengakomodir berbagai usulan masukan dari masyarakat terkait rencana Pengembangan sektor potensi Desa.

 

Red : ElmanPrasetyo/BDS

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *