Ada Potensi di Desa Gandu ; Yang Sedang Mulai di Tata Pengelolaannya || SITUS WALI PUCUNG Ada Potensi di Desa Gandu ; Yang Sedang Mulai di Tata Pengelolaannya || SITUS WALI PUCUNG
Desa Gandu Kecamatan Comal Kab.Pemalang ; merupakan Desa yang terletak tidak jauh dari jalan pantura Kab.Pemalang ; potensi alam yang ada di Desa ini... Ada Potensi di Desa Gandu ; Yang Sedang Mulai di Tata Pengelolaannya || SITUS WALI PUCUNG

wali pucung 2

Desa Gandu Kecamatan Comal Kab.Pemalang ; merupakan Desa yang terletak tidak jauh dari jalan pantura Kab.Pemalang ; potensi alam yang ada di Desa ini adalah daerah pertanian yang menjadi sebagian besar mata pencarian masyarakatnya, dan juga banyak dijumpai Pembudidaya ikan air tawar, serta Ada beberapa produk UMKM dari olahan budidaya ikan tersebut..

Pembudidaya ikan air tawar hampir bisa kita jumpai di Desa ini, ikan yang dibudidaya adalah ikan lele dan tidak hanya pembesaran namun juga pembibitan. Dengan teknik pembudidayaan menggunakan kolam terpal memanfaatkan pekarangan rumah.

wali pucung

Kemudian juga potensi wisata yang sedang berusaha dikembangkan di Desa ini ; yaitu Potensi wisata religi Maqam Wali Pucung yang sudah cukup sangat dikenal diluar Pemalang, karena berdasarkan diskusi dengan pengelola ; peziarah yang banyak datang kelokasi ini tidak hanya lokal namun juga dari berbagai daerah diluar Pemalang ; seperti Jawa Barat dan Jawa Timur. Sejarah Wali Pucung cukup dikenal masyarakat luar karena beliau merupakan tokoh di Era Mataram Kesultanan Pati Unus, dalam sejarah beliau menjadi cikal bakal dari penamaan beberapa Desa yang ada di Wilayah psisir comal ; seperti Penamaan Desa Ambowetan dan Ambokulon, Desa Gandu, Desa Pagergunung, dan beberapa Desa Lainnya.

desa gandu

Untuk Sementara Potensi Wisata Religi ini masih dikelola sekelompok Majelis, belum melibatkan Desa ; meskipun dalam waktu dekat akan ada diskusi atau rembug dengan Pemerintah Desa untuk mendorong dukungan Pemerintah Desa dalam rencana Pengembangannya. Dalam Kunjungan BDS tersebut salah satu inisiasi yang akan didorong adalah rencana membangun komunikasi dengan Pemerintah Desa, yang selanjutnya akan difasilitasi rencana awal pengembangan nya berupa masterplan dan penyusunan siteplan, serta pendampingan penguatan kelembagaan Pengelola.

 

red : ElmanPrasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *