Budaya Gejug Lesung Penggarit || Ikut ajang Festival Gejug Lesung Tingkat Nasional Budaya Gejug Lesung Penggarit || Ikut ajang Festival Gejug Lesung Tingkat Nasional
Dalam Upaya penguatan Desa Penggarit ditetapkannya sebagai Desa Budaya oleh Kementrian Budaya, belum lama ini Desa Penggarit mengangkat kembali Budaya Gejug Lesung yang hampir punah,... Budaya Gejug Lesung Penggarit || Ikut ajang Festival Gejug Lesung Tingkat Nasional

penggarit 2

Dalam Upaya penguatan Desa Penggarit ditetapkannya sebagai Desa Budaya oleh Kementrian Budaya, belum lama ini Desa Penggarit mengangkat kembali Budaya Gejug Lesung yang hampir punah, budaya tersebut diangkat dan kembali dikenalkan untuk sekaligus mengikuti ajang Festival Gejug Lesung Tingkat Nasional.

Kemudian yang diangkat adalah Budaya adat Bendrongan Rujakan, yang merupakan suatu tradisi di Desa Penggarit sudah hidup turun temurun ditengah masyarakat yaitu bendrongan.

Bendrongan dilakukan oleh beberapa orang dengan cara tetabuhan atau memukul lesung dengan antan atau alu selayaknya memainkan alat musik. Bendrongan ini berkaitan dengan kegiatan masyarakat seperti rujakan pada saat tingkeban atau tujuh bulan masa kehamilan seseorang, atau bisa juga dengan kegiatan panen raya yaitu proses menumbuk padi hingga menjadi beras.

Dalam bendrongan rujakan ini biasanya dilaksanakan setelah prosesi pembuatan rujak, Sebagai ungkapan kegembiraan dan rasa syukur, disamping itu juga sebagai hiburan dan penghilang rasa lelah.

Kegiatan Bendrongan didaerah lain mungkin dikenal dengan istilah yg berbeda misalnya gejok lesung, klotekan dan sebagainya.

penggarit 3

Menariknya dalam prosesi bendrongan tersebut dimana Lesung menjadi sarana sebagai tempat menumbuk bahan bahan pembuat rujak dan alu atau antan sebagai penumbuknya dijadikan selayaknya alat musik, juga tetabuhan mereka dengan bernyanyi sebagai ungkapan kegembiraan dan rasa syukur tersebut. setelah prosesi tumbukan rujak selesai, Rujak tersebut dibagikan dimasyarakat untuk dinikmati bersama sama.

Bendrongan Rujakan , juga menjadi simbol harmonisasi, simbol Gotong Royong, Simbol kerukunan kehidupan masyarakat di Desa Penggarit.

Di event Festival Gejug Lesung Tingkat Nasional tersebut, Desa Penggarit melalui Kelompok Seni Srikandi Benowo menjadi wakil satu satunya dari Kabupaten Pemalang, yang akan membawa wajah budaya Pemalangan di Tingkat Nasional.

Penggarit

 

Red : ElmanPrasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *