Outing Class siswa siswi di Kab.Pemalang Manfaatkan Paket Wisata Agro Kopi Yang ada di Pulosari Outing Class siswa siswi di Kab.Pemalang Manfaatkan Paket Wisata Agro Kopi Yang ada di Pulosari
Kabupaten Pemalang memiliki berbagai potensi yang diunggulkan dari luas wilayahnya, seperti laut dan pegunungan, berbagai potensi potensi tersebut telah banyak yang sudah digarap baik... Outing Class siswa siswi di Kab.Pemalang Manfaatkan Paket Wisata Agro Kopi Yang ada di Pulosari

1

Kabupaten Pemalang memiliki berbagai potensi yang diunggulkan dari luas wilayahnya, seperti laut dan pegunungan, berbagai potensi potensi tersebut telah banyak yang sudah digarap baik untuk kegitan industri, pengolahan, dan kepariwisataan. Disektor Pertanian unggulan seperti Kopi terus tumbuh berkembang di wilayah selatan daerah Kecamatan Pulosari. Banyak wirausawan wirausahan baru tumbuh kemudian mengolah hasil produk kopi ini dalam berbagai merk Kopi yang menjadi unggulan Khas Pemalang. disamping punya pasar yang menjanjikan di sektor tersebut juga mudah untuk digeluti ; ketersedian bahan baku, tenaga kerja lokal.

Melihat Geliat tumbuhnya PEL disektor Pertanian tersebut ; upaya upaya terus dilakukan untuk bagaimana bisa mensuport dalam perihal pembinaan dan pendampingan nya, serta Promosi Pemasaran produk Klaster yang diwujudkan dalam Strategi market produk klaster pertanian melalui kemasan Outing Class (Wisata Edukasi) .

Di Kecamatan Pulosari sendiri terdapat Kurang lebih 7 Kelompok Petani Kopi yang jumlah anggota nya sudah cukup banyak. mengolah baik Lahan pribadi ataupun bekerjasama dengan pihak Perhutani (mengolah lahan Perhutani). Kemudian juga dukungan dari Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) di Desa masing masing yang ikut mensupport baik Permodalan dan Pemasaran Produk hasil Pertanian Kopi nya. Alhasil komunitas Kopi ini tumbuh subur di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Dalam Upaya mendukung peningkatan nilai tambah bagi Kelompok Tani Kopi tersebut, PEL Kabupaten Pemalang mensinergikan Klaster – Klaster yang telah dibina. Upaya sinergi tersebut munculah sebuah kemasan Produk Pertanian yang tidak hanya menjual hasil pertanian nya saja, namun juga kegiatan (aktifitas) pertanian tersebut, yaitu dalam kegiatan paket Outing Clas untuk Siswa sekolah – Wisata Edukasi Potensi Pertanian Kabupaten Pemalang.

Suguhan Produk Edukasi tersebut membuahkan hasil, bagaimana rombongan siswa sekolah SM N 4 Bantarbolang berminat untuk Paket Edukasi tersebut, dan sebanyak 86 Siswa melakukan kunjungan langsung serta belajar bagaimana teknik bercocok tanam Kopi yang ada di Kecamatan Pulosari.

Siswa yang ikut dalam kegiatan Outing Class ini dikenakan biaya Per Siswa Rp. 35.000,- yang itu secara otomatis menjadi nilai tambah ekonomi bagi petani Kopi, diluar hasil pertanian nya. Adapun aktifitas siswa yang dilakukan dalam edukasi ini adalah :

  • Pengenalan jenis jenis Kopi yang ada di Kab.Pemalang
  • Cara Pengolahan Lahan khusus untuk Kopi
  • Pengolahan Hasil Biji Kopi sampai menjadi Kopi Kemasan
  • Pengemasan Hasil olahan Kopi
  • Pemasaran Hasil Produk Kemasan Kopi

Dalam Kegiatan Outing Clas ; Upaya Pengenalan Produk Pertanian di Kabupaten Pemalang, menjadi output penting bagaimana Generasi Penerus akan lebih mengenal dan cinta terhadap produk lokal. Kemudian juga menumbuhkan enterpreneur – enterpreneur muda selanjutnya di sektor Pertanian lokal.

3

1

 

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *