Monev Produk Turunan Nanas Madu Belik Desa Sikasur (Selai Nanas) Monev Produk Turunan Nanas Madu Belik Desa Sikasur (Selai Nanas)
GIMBAR SELARAS Desa Sikasur-Kecamatan Belik pada awalnya adalah salah satu home industry yang mengolah hasil dari perkebunan nanas madu yang ada di daerah Belik.... Monev Produk Turunan Nanas Madu Belik Desa Sikasur (Selai Nanas)

19

GIMBAR SELARAS Desa Sikasur-Kecamatan Belik pada awalnya adalah salah satu home industry yang mengolah hasil dari perkebunan nanas madu yang ada di daerah Belik. Olahan yang dibuat dalam bentuk selai nanas memiliki kapasitas produksi yang mencapai 1,2 Ton setiap 4 (empat) hari, dengan nilai transaksi mencapai Rp. 350.000.000,-. Kapasitas produksi yang cukup besar tersebut karena adanya kerjasama dengan PT. MORIN Jakarta, salah satu perusahaan nasional yang memilki produk aneka selai buah.

Selama ini hasil dari perasan air buah nanas madu PT. GIMBAR SELARAS dikirim ke pelaku usaha olahan Vitanas yang kemudian dibuat menjadi olahan minuman sari buah nanas. Besarnya kapasitas produksi tersebut akhirnya berpengaruh pada meningkatnya nilai jual buah nanas Belik yang sebelumnya dihargai sangat murah.

Di samping itu ternyata nanas Belik saat ini laris dijual sebagai buah segar. Karakteristik buah nanas madu Belik yang berbeda dengan buah nanas umumnya dengan rasa yang manis, menjadikan nanas madu mengalami peningkatan harga yang drastis. Yang akhirnya berpengaruh terhadap harga nanas madu mulai dari tingkat petani. Ketersediaan bahan baku nanas madu mengalami kelangkaan (kuantitas dan kontinuitas) maka akan berpengaruh terhadap proses produksi selai.

18

Terkendalanya bahan baku Nanas Madu ada keinginan dari pelaku usaha yang ingin dibantu akses untuk memperoleh pinjaman, pinjaman ini akan digunakan untuk perluasan area tanam “Nanas Madu Belik” , sebagai salah satu solusi untuk menangani kelangkaan bahan baku nanas. GIMBAR SELARAS ; menerapkan SOP dalam pengolahan buah Nanas Madu Belik, dengan sangat ketat ; area sekitar tempat produksi tidak diperkenankan sembarang orang masuk selain karyawan perusahaan tersebut. Dalam pengolahannya semua karyawan menggunakan masker, penutup rambut dan sarung tangan ; kesemuanya sistem untuk menjaga kehigienisan selai nanas yang dihasilkan. Berdirinya PT. GIMBAR SELARAS diwilayah tersebut memberi manfaat kepada masyarakat sekitarnya dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai karyawan. Dan saat ini  jumlah karyawan sebanyak 20 Orang.

 Rencana Tindak Lanjut :

  • Mengemas Potensi Produk Agro dalam aktifitas kegiatan lokal yang tidak hanya menjadi aktifitas saja, namun juga aktifitas wisata edukasi.
  • Akan direncanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemetaan potensi wilayah untuk menguat branding wisata agro yang sedang berkembang

Redaksi : ElmanPrasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *