Monev dan Pendampingan Pengembangan Potensi Desa Gunungsari Kecamatan Belik Monev dan Pendampingan Pengembangan Potensi Desa Gunungsari Kecamatan Belik
Desa Gunungsari Kecamatan Belik, adalah Desa yang memiliki potensi alam yang sangat indah, disamping potensi alam juga ada potensi lainnya seperti hasil bumi dari... Monev dan Pendampingan Pengembangan Potensi Desa Gunungsari Kecamatan Belik

23

Desa Gunungsari Kecamatan Belik, adalah Desa yang memiliki potensi alam yang sangat indah, disamping potensi alam juga ada potensi lainnya seperti hasil bumi dari pertanian ataupun perkebunan. Daerah perbukitan dengan Mdpl 760 ; menjadikan Desa Gunungsari desa dengan hasil pertanian yang sangat subur. Potensi potensi tersebut semakin dikuatkan dengan potensi kesenian budaya yang masih cukup kental dan dipertahankan tradisi nya oleh masyarakat lokal Desa Gunungsari.

Mengemas Potensi Desa menjadi Wisata ; sebuah harapan yang telah mulai digagas Pemerintah Desa Gunungsari, dikuatkan dengan dukungan masyarakat lokal. Potensi potensi yang ada tersebut mulai dipetakan kemudian dirumuskan strategi bagaimana Pariwisata Desa ini akan dimulai. Salah satu yang menjadi daya tarik unggulan nya adalah ‘Goa Peyawungan. Goa Peyawungan mempunyai sejarah panjang yang erat kaitannya dengan asal usul Desa, kemudian Goa ini juga terletak diatas bukit sehingga memiliki view pemandangan alam yang sangat indah.

Disamping Goa Peyawungan ; juga ada potensi lain seperti hasil bumi nanas madu, dan berbagai produk olahan UMKM, serta potensi Kesenian Budaya ; Jarang Ebeg, dan kegiatan suronan yang sudan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Kelompok Penggiat Wisata Desa sudah mulai dibentuk dengan melibatkan element tokoh muda, dan para tokoh Desa, untuk bersama sama merumuskan perihal potensi Desa yanga kan diangkat menjadi daya tarik Wisata Desa. Kunjungan Disparpora Kabupaten Pemalang, dan Klaster Pariwisata PEL Bappeda ; untuk melihat langsung sejauhmana proses perumusan rencana Wisata Desa / Desa Wisata ini berjalan, kemudian juga potensi potensi yang digali, untuk kami lihat langsung peluang nilai jual terhadap potensi tersebut.

24

 

  1. Rencana Tindak Lanjut :
  • Mempersiapkan kegiatan lanjutan dari tindak lanjut hasil kegiatan Monev diantaranya ; Pendampingan, dan Rakor Kecil ditingkat Desa yang melibatkan OPD Terkait.
  • Koordinasi dengan BumDes serta element lembaga Desa lainnya, yang nantinya akan secara bersamaan mensupport rencana Desa Wisata.
  • Membentuk Team percepatan pembangunan Pariwisata di Desa Tersebut.

 

Redaktur : ElmanPrasetyo

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *