Seresehan Desa Wisata se Kab.Pemalang Seresehan Desa Wisata se Kab.Pemalang
Desa Wisata adalah sebuah Program Pemberdayaan Masyarakat yang berbasis bagaimana potensi Desa tersebut dikembangkan dan tentunya berdampak secara ekonomi terhadap masyarakat lokal Desa. Desa... Seresehan Desa Wisata se Kab.Pemalang

4

Desa Wisata adalah sebuah Program Pemberdayaan Masyarakat yang berbasis bagaimana potensi Desa tersebut dikembangkan dan tentunya berdampak secara ekonomi terhadap masyarakat lokal Desa. Desa Wisata saat ini di Kabupaten Pemalang ada 27 Desa Wisata tersebar di wilayah Kecamatan Pulosari, Belik, Moga, Watukumpul, Bantarbolang, Taman, Ulujami, dan Pemalang.

Terus berkembangnya Desa Wisata dituntut inovasi bagaimana 27 Desa Wisata ini tidak hanya sebagai slogan namun benar benar aktifitasnya berjalan, kemudian juga dampak positif dengan ada nya Desa Wisata tersebut dirasakan masyarakat lokal, salah satu inovasi yang dibangun adalah menciptakan wadah komunikasi antar Pelaku Penggiat Wisata, agar muncul berbagai upaya upaya yang dapat dimunculkan program berdasarkan kebutuhan Penggiat Wisata dilapanga.

Seresehan Desa Wisata ; yang di fasilitasi oleh Dinas Pariwisata bidang Sarpras, mendatangkan Narasumber dari Desa Wisata Menari Desa Tano, Semarang ; Narasumber tersebut mengajarkan bagaimana Pelaku Wisata mengakomodir masalah yang ada di Desa Wisata, kemudian diajarkan menyusun Upaya, sampai pada program penyeselesaian masalah yang ada. Tentunya output tersebut diharapkan bisa ditangkap oleh Dinas terkait dan difasiltasi programnya. Kemudian Dinas mendorong adanya skala prioritas dalam mengembangkan Desa Wisata ; agar ada Desa Wisata Percontohan di Kabupaten Pemalang.

3

 

  1. Rencana Tindaklanjut

Sehubungan hal tersebut di atas, maka rencana tindaklanjutnya antara lain adalah:

  1. Melakukan koordinasi dengan SKPD teknis untuk tindak lanjut output yang dihasilkan dari seresehan Desa Wisata.
  2. Melakukan koordinasi dengan Lembaga Pendukung Wisata terkait lainnya guna membangun akses agar hambatan masalah dan rencana pengembangan desa wisata bisa terealiasi dan teratasi

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *