Sosialisasi Terkait Pengembangan Potensi Desa Purana ; Sadar Potensi Desa Sosialisasi Terkait Pengembangan Potensi Desa Purana ; Sadar Potensi Desa
Kabupaten Pemalang menjadi salah satu daerah yang juga terus optimis dalam mengembangkan berbagai potensi lokal yang ada di Desa, Support tersebut pun tertuang dalam... Sosialisasi Terkait Pengembangan Potensi Desa Purana ; Sadar Potensi Desa

1

Kabupaten Pemalang menjadi salah satu daerah yang juga terus optimis dalam mengembangkan berbagai potensi lokal yang ada di Desa, Support tersebut pun tertuang dalam Bupati terpilih periode 2021 – 2024 ; berbagai upaya terus dilakukan salah satunya yang muncul dari inovasi Desa sadar terhadap potensi desa untuk dikembangkan menjadi salah satu dayatarik wisata.

Desa Purana Kecamatan Bantarbolang, salah atu Desa yang mulai merintis potensi pengembangan ekonomi lokal melalui potensi Desa, Desa Purana sekarang cukup dikenal dimasyarakat luar setelah munculnya daya tarik wisata Purana Farm Land yang daya tarik wisata tersebut melibatkan pihak ketiga. Munculnya Purana Farm Land menjadi pemicu bagaimana Desa mulai aktif untuk memunculkan potensi Desa lainnya, mengingat kepeminatan wisatan di tempat tersebut mulai ramai pengunjungnya. Salah satunya upaya Desa dengan mengadakan kegiatan sosialisasi terkait rencana mengangkat potensi lokal desa menjadi daya tarik wisata.

Sosialisasi tersebut sebagai dasar awal membangun kesadaran masyarakat terhadap potensi desa, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti kegiatan teknis yang melibatkan semua stakeholder pendukung wisata, kebijakan pemerintah desa, dan program program yang bisa mendorong percepatan dari upaya yang sudah dibangun oleh Desa.

Dalam Forum tersebut adapun bahasan materi yang dipaparkan adalah terkait bagaimana sinergitas dibangun antara Pemerintah desa dan daya tarik wisata yang sudah berkembang, untuk memunculkan salah satu wisata kawasan atau disebut Desa Wisata, Kemudian juga strategi memunculkan daya tarik wisata yang memiliki ciri khas.

Pariwisata Desa dapat mendorong bagaimana ekonomi lokal itu tumbuh, kemudian nilai nilai Pemberdayuaan masyarakat yang mengajarkan produktifitas dalam kegiatan ekonomi. Kemudian juga Pariwisata Desa menjadi strategi branding untuk menciptakan daya saing Desa.

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *