Monev Bapelitbangda Provinsi ke Desa  Surajaya Terkait Program TTG Desa Wisata Monev Bapelitbangda Provinsi ke Desa  Surajaya Terkait Program TTG Desa Wisata
Desa Wisata Surajaya terletak di Kecamatan Pemalang, Desa yang memiliki 5 Dusun , dengan 2 Dusun yang dikembangkan sektor wisatanya yaitu ; Dusun Surajaya... Monev Bapelitbangda Provinsi ke Desa  Surajaya Terkait Program TTG Desa Wisata

SURAJAYA 1

Desa Wisata Surajaya terletak di Kecamatan Pemalang, Desa yang memiliki 5 Dusun , dengan 2 Dusun yang dikembangkan sektor wisatanya yaitu ; Dusun Surajaya dengan Wippas, dan Dusun Kemamang dengan Wisata alam Gadog Santuy. Desa Wisata Surajaya muncul sebagai desa wisata pada tahun 2017, potensi yang diunggulkan di desa wisata ini adalah potensi wisata Alam, Religi, dan Kesenian Budaya.

Salah satu pengembangan yang terus digenjot disektor wisata di Desa Wisata Surajaya selain pengembangan obyek daya tarik, juga dikembangkan menjadi salah satu percontohan homestay yang ada di kabupaten Pemalang. Percontohan homestay tersebut berada di dudun Kemamang, dengan 25 Rumah Warga lokal yang disiapkan untuk homestay nya. 25 Rumah Homestay tersebut memiliki keunikan dan nilai sejarah karena bangunan homestay tersebut masih tradisional dan berbentuk rumah joglo jaman dulu, yang bangunan fisik nya 100 % terbangun dari kayu jati.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah khususnya melalui Dinas Pariwisata adalah menyiapkan market untuk memasarkan homestay tersebut, salah satunya dengan menggandeng ecommers baik traveloka, homestay.com dan e commers Desa Wisata yang sedang dirintis oleh Pemerintah Daerah.

Bapelitbangda Provinsi meninjau sekaligus mewawancarai pengelola baik di skala kebutuhan pengembangan Desa Wisata, tata kelola, dan pelatihan SDM. Harapan nya adlah ada output terkait SIDa yang bisa mendukung pengembangan kawasan wisata ini, melalui TTG (Teknologi Tepat Guna) yang bisa diterapkan di Desa Wisata Surajaya.

Pendataan yang dilakukan Bapelibangda menyeluruh baik dari Potensi Desa Wisata tersebut, kearifan lokal yang ada, jumlah kunjungan wisata, masterplan terkait pengembangan wisata, dan SDM Pengelola Wisata.

SURAJAYA

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *