Penguatan Kelembagaan Wisata Desa Rintisan di Daya Tarik Wisata Goa Gunungwangi, Desa Kuta Bantarbolang Penguatan Kelembagaan Wisata Desa Rintisan di Daya Tarik Wisata Goa Gunungwangi, Desa Kuta Bantarbolang
  Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang, Pemalang ; Desa yang terletak diwilayah selatan, akses Desa ini kalau dari kota bisa ditempuh dengan jarak waktu kurang... Penguatan Kelembagaan Wisata Desa Rintisan di Daya Tarik Wisata Goa Gunungwangi, Desa Kuta Bantarbolang

 

A3

Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang, Pemalang ; Desa yang terletak diwilayah selatan, akses Desa ini kalau dari kota bisa ditempuh dengan jarak waktu kurang lebih 40 Menit. Desa yang memilki potensi Daya tarik sanggat bagus dimana keindahan alam dan daya tarik pesona Goa terdapat di desa ini, daya tarik goa ini hanya ada satu satu nya Desa di Kabupaten Pemalang ‘yaitu di Desa Kuta. Terdapat 7 Goa yang berada di lokasi Desa tersebut , yaitu :

  1. Goa Gunung wangi,
  2. Goa Sibuyung,
  3. Goa Siluman,
  4. Goa Pengantin,
  5. Goa Masinggih,
  6. Goa Lorong Waktu,
  7. Dan Goa Gong,

Ketujuh Goa tersebut memiliki mitos dan kepercayaan wisata religi yang sudah cukup lama berkembang di lokasi goa goa tersebut. MITOS & RELIGI ; adalah salah satu penguat bagaimana wisata alam goa gunung wangi sebenarnya sudah sangat cukup dikenal dikalangan wisatawan terutama wisatawan yang tertarik dengan mitos religi, dan sangat sering dijumpai wisatawan religi yang datang ketempat ini , kebanyakan dari wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, sampai daerah luar jawa sering singgah ditempat ini.

A2

Adanya peluang daya tarik tersebut dan wisatawan yang sering singgah, maka masyarakat bersama Pemerintah Desa Kuta, Kecamatan Bantarbolang menginisiasi adanya perkumpulan Pengelola Wisata Desa, untuk mengelola potensi Wisata Goa Gunung Wangi dan sekitarnya. Pengelolaan yang berbasis keterlibatan masyarakat lokal dengan harapan besar mempunyai dampak nilai ekonomi yang tumbuh dengan adanya wisata di Desa Kuta.

Pembentukan perkumpulan tersebut dilakukan dengan kegiatan sosialisasi terkait Masterplan, siteplan yang difasilitasi oleh BDS Klaster Pariwisata, PEL Bappeda Pemalang. BDS memfasilitasi terkait pembuatan masterplan tersebut mengingat keterbatasan SDM dari Desa, kemudian juga kalau dikerjasamakan dengan konsultan membutuhkan biayan yang cukup besar. Dengan adanya Fasilitasi penyusunan ini dari BDS ‘Diberikan secara gratis.

Dalam Sosialisai Masterplan Wisata Goa Gunung Wangi, dijabarkan banyak hal terkait :

  1. Gambar denah project pengembangan wisata, kemudian bagaimana
  2. Sistem tata kelola,
  3. SDM Keterlibatan masyarakat
  4. Menciptakan Segmen Pasar
  5. Perhitungan analisis investasi
  6. Perhitungan Analisis Usaha
  7. Sampai pada bagaimana keterlibatan kebijakan Desa, Guna mendukung aktifitas wisata yang akan berjalan.

Dalam kegitan tersebut sekaligus kami memfasilitasi kesepakan antara Masyarakat Pengeloa dengan BPD dan Desa, bagaimana kedepan akan berbagi peran dalam upaya mengenjot potensi wisata Desa yang ada di Desa Kuta, Bantarbolang. Untuk Kegiatan Selanjutnya adalah kami fasilitasi akses untuk ke Perhutani KPH Pemalang Kota, terkait permohonan PKS Kerjasama Pengelolaan lahan hutan yang akan dimanfaatkan untuk Wisata. Mengingat wilayah di Pelataran Goa Gunung Wangi sekitar adalah Wilayah Pangkuan Perhutani.

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *