Kerjasama dengan DPMPTSP ; PEL Bappeda Fasilitasi Pembuatan TDUP Desa Wisata Kerjasama dengan DPMPTSP ; PEL Bappeda Fasilitasi Pembuatan TDUP Desa Wisata
Pertumbuhan Desa Wisata di Kabupaten Pemalang berkembang cukup cepat, tercatat sekarang ini ada 27 Desa Wisata yang ber SK kan Bupati. Ke 27 Desa... Kerjasama dengan DPMPTSP ; PEL Bappeda Fasilitasi Pembuatan TDUP Desa Wisata

tdup

Pertumbuhan Desa Wisata di Kabupaten Pemalang berkembang cukup cepat, tercatat sekarang ini ada 27 Desa Wisata yang ber SK kan Bupati. Ke 27 Desa Wisata tersebut memiliki berbagai daya tarik wisata yang punya karakterisitik masing masing, seperti wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, wisata kesenian budaya, dll.

Namun banyaknya Desa Wisata tersebut belum diimbangi dengan perijinan yang mendukung seperti TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), ke 27 Desa Wisata belum memiliki TDUP Tersebut. melihat hal tersebut Klaster PEL Pariwisata melalui BDS ; Melakukan upaya pendampingan langsung dengan berkoordinasi Dinas terkait yaitu DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu), dan dari terfasilitasinya akses perijinan tersebut sebanyak 7 Desa Wisata dan Wisata Desa dibuatkan TDUP, dengan diberi kemudahan BDS Jemput bola (jemput data) khususnya Desa Wisata di wilayah Pemalang Selatan, tanpa harus turun ke kota.

Desa Wisata tersebut adalah :Desa Wisata Mandiraja, Desa Wisata Banyumudal, Desa Wisata Bulakan, Wisata Desa Tundagan, Wisata Desa Jojogan, Wisata Desa Kuta dan susulan Desa Wisata Penggarit.

TDUP ini sangat bermanfaat khususnya disaat pandemi seperti ini, yaitu sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf, apa itu CHSE ? proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan. Dan syarat untuk memperoleh sertifikasi CHSE adalah TDUP.

Kedepan proses fasilitasi TDUP ini akan bertahap agar ke 27 Desa Wisata bisa memiliki jaminan dalam membangun usaha Desa Wisata di Kab. Pemalang.

Administrator

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *